Pendekatan, Prinsip, dan Aspek Geografi

   A.      Pendekatan Geografi
Geografi mengkaji fenomena geosfer dengan tiga pendekatan sebagai berikut.
1.       Pendekatan Keruangan (Spasial)
Pendekatan keruangan adalah analisis suatu fenomena yang mengacu pada eksistensi ruang berdasarkan perbedaan sifat penting seperti lokasi, struktur, pola, dan proses. Struktur keruangan berkaitan dengan elemen titik, garis, dan area. Pendekatan keruangan dimaksudkan untuk mengetahui persebaran penggunaan dan cara penyediaan ruang.
2.       Pendekatan Kelingkungan
Pendekatan Kelingkungan adalah pendekatan atau analisis suatu fenomena dengan linkungannya. Pendekatan ini mengaitkan hubungan makhluk hidup dengan lingkungan fisik juga fenomena alam serta perilaku manusia.
3.       Pendekatan Kompleks Wilayah
Pendekatan Kompleks Wilayah adalah gabungan pendekatan keruangan dan kelingkungan. Pendekatan ini menekankan pengertian diferensi areal. Contoh penerapan pendekatan ini adalah perencanaan daerah transmigrasi.
   B.      Prinsip Geografi
Terdapat empat prinsip geografi, sebagai berikut.
1.       Prinsip Deskriftif
Fenomena geosfer yang ditimbulkan oleh faktor alam dan manusia yang dapat dideskripsikan melalui fakta, gejala dan masalah, serta sebab akibat. Pendeskripsian fenomena itu dapat dilakukan secara kualitatif maupun kuantitatif dengan bantuan peta, grafik, dan diagram.
2.       Prinsip Keterkaitan
Manusia dan alam memiliki interlasi yang erat. Interlasi dapat terjadi antara faktor alam dengan manusia. Contohnya banjir dan tanah longsor akibat penggundulan hutan oleh manusia.
3.       Prinsip Distribusi
Prinsip distribusi menjelaskan bahwa bersebaran fenomena geosfer dimuka bumi tidak merata. Misalnya, kesuburan tanah tidak merata di berbagai daerah.
4.       Prinsip Korologi
Prinsip Korologi merupakan keterpaduan antara prinsip Persebaran, Interlasi, dan Deskriptif. Semuanya dikaji dalam satu ruang. Kondisi ruang itu akan memberikan corak pada satuan gejala, fungsi, dan bentuk.

Baca Juga : Pengertian dan ruang lingkup Geografi

   C.      Aspek Geografi
1.       Aspek Fisik
Aspek fisik meengkaji segala fenomena yang ada di geosfer yang tentunya dapat mempengaruhi keberlangsungan hidup manusia. Aspek fisik terbagi lagi menjadi tiga bagian.
a.       Aspek topologi, membahas mengenai hal-hal yang berkenaan dengan letak atau lokasi suatu wilayah, bentuk muka buminya, luas area dan batas-batas wilayahnya yang mempunya ciri khas tertentu.
b.       Aspek biotik membahas mengenai hal yang berkenaan dengan unsur vegetasi (flora, fauna, dan kajian penduduk).
c.       Aspek non biotik membahas mengenai hal-hal yang berkenaan dengan unsur, kondisi tanah, air, baik perairan darat maupun laut dan kondisi alam dari suatu wilayah.
2.       Aspek Sosial
a.       Aspek sosial membahas tentang hal yang bekenaan dengan unsur adat istiadat, tradisi, komunitas, kelompok masyarakat dan lembaga-lembaga sosial.
b.       Aspek ekonomi, membahas tentang hal yang berkenaan dengan unsur pertanian, pertambangan, pekebunan, perdagangan, industri, transportasi dan pasar.
c.       Aspek budaya, membahas pendidikan dan kesenian.

d.       Aspek politik membahas mengenai unsur pemerintahan. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pendekatan, Prinsip, dan Aspek Geografi"

Post a Comment